Pengertian Lingkungan Sosial adalah

Manusia sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan bantuan dan kerjasama dengan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, orang membentuk kelompok sosial di mana interaksi sosial pribadi dengan individu lain berlangsung. Misalnya, interaksi sosial terjalin dan kemudian menciptakan lingkungan sosial.

Untuk mencapai keharmonisan dalam tatanan sosial, diperlukan kerjasama kolektif dari anggota masyarakat. Kerja sama dapat meringkas adanya aturan yang sesuai dengan kesepakatan bersama yang telah dibuat dan kemudian diimplementasikan sebagai mekanisme pengendalian lingkungan sosial.

Selain itu, lingkungan sosial pada awalnya terbentuk dari adanya pengelompokan sosial yang di dalamnya dilakukan penyesuaian terhadap keberadaan aturan-aturan dalam masyarakat yang bersifat memaksa.

Dalam hal ini setiap anggota masyarakat dalam suatu lingkungan sosial berkewajiban atau berkewajiban untuk mengikuti dan menghayati aspek sosial yang merupakan unsur lingkungan sosial yang merupakan suatu kesatuan.

Definisi lingkungan sosial

Lingkungan sosial adalah interaksi antara masyarakat dengan lingkungan, atau lingkungan, yang juga terdiri dari sosial atau manusia. Lingkungan sosial inilah yang kemudian membentuk suatu sistem sosial yang berperan penting dalam pembentukan kepribadian seseorang, kemudian terjadilah interaksi antara manusia atau masyarakat dengan lingkungannya.

Lingkungan sosial seseorang mula-mula dibentuk dalam lingkungan keluarga, kemudian lingkungan keluarga menjadi media pertama yang mempengaruhi perilaku seseorang khususnya anak. Karena dalam lingkungan keluarga, setiap anggota keluarga khususnya anak mendapatkan berbagai jenis pendidikan agar dapat menjadi anak yang mandiri.

Anak tidak hanya dapat menginstruksikan anak untuk mandiri, tetapi mereka juga dapat membuat keputusan sendiri untuk mengembangkan keterampilan mereka seperti mental, sosial, emosional atau fisik. Sehingga anak dapat mengembangkan kehidupan yang sehat dan produktif.

Dan untuk menciptakan suasana yang ada di lingkungan keluarga, kita harus menciptakan suasana yang kondusif atau terbuka satu sama lain ketika timbul masalah, sehingga timbul rasa saling mencintai dan percaya.

Oleh karena itu, lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang besar terhadap kenyataan bahwa pengasuhan dapat disosialisasikan dalam lingkungan sosial yang sangat luas. Dan itu tidak hanya bisa dilakukan dalam suasana rumah, tetapi juga digunakan sebagai tindakan preventif dalam tatanan sosial atau dalam kehidupan bermasyarakat.

Menurut para ahli, pahami lingkungan sosial

Berikut ini adalah beberapa pengertian lingkungan sosial menurut para ahli sebagai berikut:

Menurut Amsyari


Lingkungan sosial adalah orang atau kelompok lain yang dekat dengan kehidupan komunitas tersebut, misalnya B. tetangga, teman, termasuk orang lain di sekitar Anda yang belum dikenal, atau masyarakat umum di luar daerah.

Menurut Purwanto


Pentingnya lingkungan sosial adalah setiap orang atau orang lain yang saling memprovokasi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam lingkungan sosial, masyarakat membentuk kelompok sosial satu sama lain untuk menopang kehidupan dan mengembangkan kehidupan. Dalam kehidupan bermasyarakat, masyarakat juga membutuhkan suatu organisasi yaitu sekolah, kelompok masyarakat, dan lain-lain.

Menurut ensiklopedia Amerika

Lingkungan merupakan faktor yang menentukan lingkungan suatu organisme, terutama komponen yang menyebabkan perilaku, reproduksi dan keberlanjutan organisme.

Menurut Munadjat Danusaputro

Lingkungan hidup adalah semua benda dan kekuatan serta kondisi, termasuk manusia dan tindakannya, yang ada di ruang tempat manusia berada dan yang memprovokasi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Demikian informasi dari Otto Soemarwoto


Lingkungan hidup diartikan sebagai ruang yang ditempati oleh makhluk hidup bersama dengan makhluk hidup dan benda mati yang ada di dalamnya.

Setelah Sambah Wirakusumah


Lingkungan hidup adalah semua aspek dari situasi eksternal biologis di mana organisme hidup dan ilmu lingkungan mempelajari aspek lingkungan dari organisme itu.

Menurut Emil Salim

Lingkungan diartikan sebagai benda, kondisi, suasana dan pengaruh yang ada pada ruang yang Anda tempati dan memprovokasi makhluk hidup yang tergolong kehidupan manusia.

Menurut Soedjono


Lingkungan sebagai lingkungan fisik atau fisik yang ada di alam. Pemahaman ini menyatakan bahwa manusia, fauna dan tumbuhan dilihat dan dirasakan sebagai manifestasi fisik dari tubuh.

Faktor lingkungan sosial

Faktor lingkungan sosial meliputi:

  1. Pengelompokan sosial
    Pengelompokan sosial, yaitu berbagai jenis orang yang dengannya mereka membentuk persekutuan sosial berdasarkan adanya suatu hubungan kekerabatan seperti keluarga marga dan lain-lain.
  2. Pengaturan sosial
    Tatanan sosial itu sangat penting untuk dapat mengatur tatanan kehidupan dalam masyarakat. Perjanjian tersebut terdiri dari aturan-aturan yang menjadi pedoman kerja sama dan perkumpulan bagi setiap anggota, di mana setiap orang harus memiliki kedudukan yang jelas agar semakin jelas untuk mengetahui kepentingan satu sama lain.

Jenis lingkungan sosial

Lingkungan sosial dapat dibagi menjadi tiga bidang:

  1. Lingkungan fisik

Lingkungan fisik adalah segala sesuatu di sekitar kita yang terjadi dalam bentuk benda mati seperti rumah, kendaraan, gunung, udara, sinar matahari dan sejenisnya.

  1. Lingkungan bio-lokal (bio-local environment)
    Lingkungan biologis adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang berupa organisme hidup lainnya, kecuali manusia itu sendiri, hewan, tumbuhan, mikroorganisme (plankton) dan lain-lain.
  2. Lingkungan sosial (social environment)
    Lingkungan sosial adalah pribadi yang berbeda, seperti tetangga, rekan kerja dan lain-lain.

Contoh lingkungan sosial

Banyak contoh dari lingkungan sosial, seperti lingkungan sosial di sekolah, dimana terdapat interaksi sosial antar komponen pendukung yang berbeda status. Misalnya kepala sekolah, guru, murid dan lain-lain. Masing-masing komponen ini memenuhi tugasnya masing-masing.

Ada juga contoh lingkungan sosial di masyarakat. Interaksi sosial dalam masyarakat berbeda-beda sesuai dengan status dan perannya. Hal ini terlihat dalam interaksi antara satu warga dengan warga lainnya seperti gotong royong, bahu membahu, persaingan dan juga gotong royong.

Referensi 1 :

  1. https://officialjimbreuer.com/
  2. https://www.mobifrance.com/
  3. https://memphisthemusical.com/
  4. https://exposicionesmapfrearte.com/
  5. https://timeisillmatic.com/
  6. https://votizen.com/
  7. https://boutiquevestibule.com/
  8. https://ariatemplates.com/
  9. https://worldbeforeher.com/
  10. https://thinknext.net/
  11. https://daftarpaket.co.id/
  12. https://merkbagus.id/
  13. https://rollingstone.co.id/
  14. https://www.gurupendidikan.co.id/
  15. https://www.dosenpendidikan.co.id/

Referensi 2 :

https://duniapendidikan.co.id/

https://pendidikan.co.id/

https://pengajar.co.id/

https://www.ayoksinau.com/

https://pakdosen.co.id/

https://dolanyok.com/

https://hargaburung.id/

https://www.dosenmatematika.co.id/

https://merekbagus.co.id/

https://ngelag.com/

https://www.sudoway.id/

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/

https://www.kakakpintar.id/

https://www.belajarbahasainggrisku.id/

https://ruangseni.com/

https://voi.co.id/

https://bootb.com/

https://excite.co.id/

https://newsinfilm.com/

https://www.kuliahbahasainggris.com/

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/

https://www.ilmubahasainggris.com/

https://www.dulurtekno.co.id/

https://teknosentrik.com/

Back to Top